EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | INDIRA PUTRI GUMILANG, 1613021031 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63659/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63659/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63659/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63659/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think talk write ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII E yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control grup design. Data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui tes yang berbentuk uraian. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dan uji proporsi dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, think talk write