PERBANDINGAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATERI IMPULS DAN MOMENTUM BERBANTUAN EDMODO DAN WHATSAPP
Main Author: | BIZRY CAHYA DIVIA, 1613022004 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63638/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63638/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63638/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63638/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara Self-efficacy dan Hasil Belajar pada pembelajaran materi Impuls dan Momentum berbantuan Edmodo dan WhatsApp. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 3 yang berjumlah 32 siswa pada masing-masing kelas di SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung tahun ajaran 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, data self-efficacy dan hasil belajar ranah kognitif diambil melalui hasil pre-test dan post-test. Hasil uji independent sample t-test sebelum pembelajaran menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan sedangkan sesudah pembelajaran menunjukan nilai signifikasi 0,000 untuk data skala self-efficacy dan hasil belajar, sehingga terdapat perbedaan self-efficacy dan hasil belajar yang signifikan dengan nilai rata-rata post-test self-efficacy yang diperoleh sebesar 63,37 dan nilai rata-rata post-test hasil belajar yang diperoleh sebesar 61,96 pada pembelajaran materi Impuls dan Momentum berbantuan WhatsApp dibandingkan dengan kelas Edmodo dengan nilai rata-rata post-test self-efficacy yang diperoleh sebesar 56,01 dan nilai rata-rata post-test hasil belajar yang diperoleh sebesar 54,20. Berdasarkan peningkatan hasil nilai N-gain self-efficacy pembelajaran berbantuan Edmodo sebesar 1,60 termasuk dalam kategori rendah, dan berbantuan WhatsApp sebesar 1,85 termasuk dalam kategori rendah. Sementara, peningkatan hasil belajar yang dihasilkan yang dihasilkan berdasarkan nilai N-gain berbantuan Edmodo sebesar 0,336 termasuk dalam kategori sedang, dan berbantuan WhatApp sebesar 0,420 termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan self-efficacy dan hasil belajar peserta didik yang signifikan pada pembelajaran materi Impuls dan Momentum berbantuan WhatsApp lebih besar peningkatannya dibandingkan dengan pembelajaran berbantuan Edmodo. Kata Kunci: Impuls dan momentum, self-efficacy, hasil belajar.