PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH

Main Author: NOVITA SARI, 1613031021
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63636/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63636/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63636/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63636/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dan interaksi penggunaan model pembelajaran course review horay dan make a match dengan memperhatikan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain treatment by level. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan t-test Indeopenden Dua Sampel dan Analisis Varian Dua Jalan (ANOVA). Penelitian ini dilakukaan di SMPN 2 Tulang Bawang Tengah dengan populasi berjumlah 188 siswa dan sampel sebanyak 63 siswa yang di tentukkan melalui teknik cluster random sampling. Diketahui bahwa hasil analisis data menunjukkan Fhitung > Ftabel atau 33,687 > 3,16 terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran course review horay dan make a match dan Fhitung > Ftabel atau 4,316 > 3,16 terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi, Model pembelajaran course review Horay dan make a match. This study aims to analyze differences of the result of students learniag and the interactions of using course review horay and make a match learning models by considering the learning motivation. This research used quasy-experiment method by treatment by level design. In collecting the data used Observation, Questionnaire, Test, and Documentation. The data analysis techniques used t-test independen of two samples and two way analysis (ANOVA). The research wa done in SMPN 2 Tulang Bawang Tengah with population is 188 students and sample of 63 students were determined through cluster random sampling technique. The results of data analysis shows Fcount > Ftable or 33,687 > 3,16. There are differences of the result students learning course review horay and make a match learning models and Fcount > Ftabel or 4,316 > 3,16 course review horay and make a match learning moels by students learning motivation on integrated of social Sciense Subjects. Keywords: Course review horay learning model, make a match, learning outcomes, and learning motivation.