PERAN GURU PPKN DALAM MENGANTISIPASI PELANGGARAN SARA DIKALANGAN PESERTA DIDIK SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | BUNGA ADELIA , 1613032012 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63613/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63613/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63613/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63613/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis : Peran guru PPKn dalam mengantisipasi pelanggaran SARA dikalangan peserta didik SMA ALAZHAR 3 Bandar lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas XI yaitu sebanyak 36 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran guru dalam mengantisipasi pelanggaran SARA dikalangan peserta didik dikategorikan berperan atau baik, yaitu dilihat dari hasil sebaran angket yang menunjukan bahwa ketiga peran guru yang menjadi indikator memiliki presentasi tinggi yaitu sebanyak 77,8% guru sebagai pendididk berperan serta sebanyak sebanayk 77,8% guru berperan sebagai pengarah serta sebanyak 80,6% guru berperan sebagai pembimbing. Dikatakan berperan dikarenakan peserta didik sudah mengerti mengenai pelanggaran SARA juga dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Bhineka Tunggal Ika mengenai pentingnya menghargai sebuah perbedaan. Guru dirasa sudah berperan dalam memberikan pembelajaran serta teladan bagi peserta didik. Kata Kunci: SARA, Peserta didik, Peran Guru The purpose of this study is to describe and analyze: the role of citizenship education in anticipation of SARA's violations among AL-AZHAR 3 High School Bandar Lampung. This is a descriptive method of quantitative approach with the subject of XI class trainee study, which is as many as 36 respondents. Data-collection techniques use window and analysis using frequency distribution. Studies indicate that there is a teacher's role in anticipating that SARA's transgressions will be either classified or good, that is, in view of the disbursement that results in a high percentage of teachers, as many as 77.8% of teachers as educators, as many as 77.8% of teachers act as direct and as many as 80,6 % of teachers as advisers. It is said to play a role because learners understand SARA's transgression may also implement the values embodied in a single relationship in the importance of appreciating a difference. The teacher is felt to have a role in providing both a lesson and an example for learners. Keyword: SARA, a trainee, a teacher