PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Main Author: Wilda Verawati Simaibang, 1613022007
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63600/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63600/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63600/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63600/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA Negeri 5 Bandarlampung pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis POE terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi impuls dan momentum. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel kelas X MIA3 berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA4 berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan non-equivalent pretest posttest control group design. Peneliti mengambil teknik purposive sampling agar kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki kemampuan awal yang relatif sama sebelum peneliti melakukan perlakuan. Hasil uji independent sample T-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk hasil kemampuan berpikir kritis, sehingga penggunaan LKPD berbasis POE pada materi impuls dan momentum berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kelas yang menggunakan LKPD model pembelajaran POE menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dengan rata-rata N-Gain 0,70 dibandingkan kelas kontrol yang tidak terpapar LKPD model Predict-Observe-Explain dengan N-gain 0,60. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis POE pada penelitian ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil tersebut relevan dengan hasil penelitian Mulyani, dkk (2017) hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pretest 28 dan posttest 79, dengan N-Gain 0,74 yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis Kata kunci: Impuls momemntum, Kemampuan berpikir kritis, POE