PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KONVERSI PANAS KE LISTRIK
Main Author: | FITRI FAUZIAH, 1613022040 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KIP
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63593/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63593/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63593/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63593/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran guided inquiry laboratory terhadap kemampuan berpikir logis peserta didik pada materi konversi panas ke listrik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 15 Bandarlampung. Sampel yang digunakan yaitu XII MIA 1 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Adapun bentuk desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Data hasil penelitian menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir logis. Hasil tes dianalisis menggunakan uji n-gain, uji hipotesis dengan paired sample t-test, dan uji effect size. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh selisih rata-rata nilai posttest dan pretest sebesar 30,80 pada keseluruhan indikator. Hasil analisis juga menunjukkan rata-rata n-gain sebesar 0,55 yang termasuk dalam kategori sedang. Uji n-gain juga dilakukan pada masing-masing indikator kemampuan berpikir logis, dengan nilai yang diperoleh juga berada dalam kategori sedang. Indikator pengontrolan variabel menghasilkan n-gain sebesar 0,65, penalaran probabilistik sebesar 0,66, penalaran korelasional 0,62, penalaran proporsional 0,51, dan penalaran kombinatorial 0,36. Kemudian pada uji paired sample t-test, diperoleh P value = 0,000 pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model guided inquiry laboratory terhadap kemampuan berpikir logis peserta didik. Hasil uji effect size juga memperoleh nilai sebesar 0,98 dan tergolong besar, hal ini menunjukkan bahwa model yang diterapkan sangat efektif untuk mengukur kemampuan berpikir logis peserta didik pada materi konversi panas ke listrik. Kata kunci: kemampuan berpikir logis, konversi panas ke listrik, model pembelajaran guided inquiry laboratory.