PERBANDINGAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN BERBANTUAN APLIKASI PESAN INSTAN
Main Author: | WENNI SINTIA, 1653022006 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63532/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63532/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63532/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63532/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Learning Management System (LMS) berupa Edmodo dan Aplikasi Pesan Instan berupa Line terhadap self-effficacy dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fisika materi impuls dan momentum. LMS dan Aplikasi Pesan Instan yang digunakan sebagai media dalam pembelajaran gabungan tatap muka di kelas dengan aktivitas online. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment dengan pengambilan sampel secara purposive. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Menggala kelas X IPA 1 sebanyak 31 siswa dan X IPA 2 sebanyak 29 siswa pada Semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Data dianalisis melalui analisis statistic inferensial dan perhitungan nilai N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbantuan aplikasi pesan instan berupa Line memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran berbantuan Learning Management System (LMS) berupa Edmodo dalam meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar yang dilihat dari rata-rata N-gain self-efficacy pada kelas Edmodo sebesar 0,43 sedangkan rata-rata N-gain self-efficacy pada kelas Line sebesar 0,48. Rata-rata N-gain hasil belajar pada kelas Edmodo sebesar 0,48 sedangkan rata-rata N-gain hasil belajar pada kelas Line sebesar 0,52. Kata kunci: Blended Learning, Edmodo, Line, Self-Efficacy, Hasil Belajar