PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HOTS BERBASIS CBT (COMPUTER BASED TEST) DALAM MENGUKUR DIMENSI PENGETAHUAN FISIKA SISWA SMA
Main Author: | INTAN HANNIVA BERLIANA FARENSIS, 1513022027 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63531/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63531/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63531/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63531/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen asesmen berbasis CBT yang layak ditinjau dari segi materi, konstruk, bahasa, dan tipe soal yang sesuai untuk mengukur dimensi pengetahuan fisika siswa SMA pada level HOTS. Desain penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri 5 tahapan, yaitu (1)analyze (analisis), (2)design (desain), (3)develop (pengembangan), (4)implementation (implementasi), (5)evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini dilaporkan sampai tahap ketiga. Data penelitian diambil dari uji kelayakan materi, konstruk, dan bahasa yang diperoleh dari tiga orang validator. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil uji kelayakan pada tipe soal multiple choice, diperoleh validitas materi 81%, validitas konstruk 85%, dan validitas bahasa 83%. Hasil uji kelayakan pada tipe soal multiple response, diperoleh validitas materi 81%, validitas konstruk 84%, dan validitas bahasa 82%. Produk instrumen asesmen HOTS berbasis CBT menurut validator telah layak (teori), baik secara isi ataupun formatnya antara lain matriks pengembangan soal yang berisi dimensi pengetahuan, level berpikir, tipe soal, nomor soal, dan kunci jawaban sudah sesuai. Pada penelitian ini, tipe soal yang sesuai untuk mengukur HOTS adalah multiple choice dan multiple response. Sehingga dapat disimpulkan produk instrumen asesmen HOTS berbasis CBT untuk mengukur dimensi pengetahuan fisika siswa SMA dapat digunakan. Kata kunci: CBT, dimensi pengetahuan fisika, HOTS, instrumen asesmen, tipe soal