PENGELOLAAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK (Studi Partnership Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Lampung dan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara)
Main Author: | ERIK LIONAR, 1616041025 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63513/1/ABSTRACT.pdf http://digilib.unila.ac.id/63513/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63513/2/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63513/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan informasi publik oleh pemerintah diwujudkan melalui diseminasi informasi. Pelaksanaan diseminasi informasi yang maksimal tidak selalu dapat dipenuhi oleh pemerintah dengan sendirinya, melainkan perlu adanya keterlibatan dari pihak lain baik swasta maupun masyarakat. Konsep partnership merupakan salah satu cara untuk menggapai tingkat efisiensi birokrasi yang tinggi. Oleh sebab itu, Dinas Kominfotik Provinsi Lampung dan Perum LKBN Antara bekerja sama untuk pelaksanaan diseminasi informasi publik. Salah satu faktor kesuksesan dalam hubungan partnership adalah tahapan membangun partnership itu sendiri. Dengan metode penelitian kualitatif deskriptif penelitian ini akan membahas secara rinci mengenai tahapan membangun partnership dan tingkatan partnership Dinas Kominfotik Provinsi Lampung dan Perum LKBN Antara tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan dalam membangun partnership adalah tahap inisiasi, persiapan, penataan, pengintegrasian, pelaksanaan kerja sama, pemeliharaan partnership, resourching, dan interaksi antar aktor. Pada tingkatan partnership ditandai dengan adanya kesepakatan formal, adanya sumber daya baru, dan pembagian keuntungan dan risiko Kata Kunci: Partnership, Membangun Partnership, Layanan Informasi Publik Public information services from the government are realized through by disseminated information. The Implementation of maximum disseminated information is not always be fulfilled by the government itself, but need to involvement from other parties both private or public. The concept of partnership is one of way to achieve a high bureaucratic efficiency. Therefore, Dinas Kominfotik Provinsi Lampung and Perum LKBN Antara are cooperating to carry out public information dissemination. The one of the success factors in a partnership is the stage of building partnership itself. With a descriptive qualitative research method, this research will discuss about detail of the stages building a partnership and level of partnership between Dinas Kominfotik Provinsi Lampung and Perum LKBN Antara. The result of the study showed that a stage to building partnership were initiation, preparation, structuring, integration, implementation of partnerships, maintenance of partnerships, and interaction between actors. In level of partnership marked by a formal contract, some new resource, and shared risk and reward Key words: Partnership, Build Partnership, Public Information Service