PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS IX SMP NEGERI 13 PESAWARAN
Main Author: | RIRIN DESTI TANTIKA, 1613024053 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63510/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63510/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63510/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63510/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 13 Pesawaran kelas IX yang berjumlah 93 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari 63 peserta didik, yaitu 32 peserta didik kelas IX A sebagai sampel kelas kontrol dan 31 peserta didik kelas IX C sebagai sampel kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan penelitian Pretest PostTest Non Equivalent Control Group Design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yakni data hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diperoleh dari pretest dan posttest,serta data keterlaksanaan model pembelajaran yang diperoleh dari lembar observasi. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis secara statistik menggunakan independent sample T-test pada taraf kepercayan 5%. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas dari nilai pretest dan posttest. Uji homogenitas menggunakan Levene’s Test of Equality of Error Variances sedangkan uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov Smirnov Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai signifikansi 0,00(Sig< 0,05). Persentase keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal mencapai 87% dan tergolong dalam kriteria hampir seluruh kegiatan terlaksana. Jadi dapat disimpulkan bahwa inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif peserta didik. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, kearifan lokal, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar kognitif