PERBANDINGAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATERI USAHA DAN ENERGI BERBANTUAN EDMODO DAN WHATSAPP

Main Author: MIFTAHUL HASANAH, 1613022028
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63438/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63438/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63438/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63438/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan self-efficacy dan hasil belajar siswa antara pembelajaran berbantuan Edmodo dan pembelajaran berbantuan WhatsApp pada materi usaha dan energi. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan subyek siswa SMAN 1 Pringsewu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan Edmodo dan kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan WhatsApp yang berjumlah masing-masing 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan self-efficacy siswa antara pembelajaran berbantuan Edmodo dan pembelajaran berbantuan WhatsApp. Perolehan rata-rata posttest self-efficacy siswa yang menggunakan WhatsApp sebesar 74,46 sedangkan rata-rata posttest self-efficacy siswa yang menggunakan Edmodo sebesar 71,88. Hasil selanjutnya, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara pembelajaran berbantuan Edmodo dan pembelajaran berbantuan WhatsApp. Siswa yang menggunakan WhatsApp memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan Edmodo. Perolehan rata-rata posttest hasil belajar siswa yang menggunakan WhatsApp sebesar 50,98 sedangkan rata-rata posttest hasil belajar siswa yang menggunakan Edmodo sebesar 40,67. Kata kunci: blended learning, self-efficacy, hasil belajar, Edmodo, WhatsApp