PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Author: FINA TANIYA, 1823053018
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63408/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63408/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63408/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63408/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis discovery learning yang layak untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 10 peserta didik Sekolah Dasar Negeri 1 Rawa Laut di Kecamatan Enggal, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia. Data dikumpulkan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Produk LKPD telah divalidasi oleh ahli media dengan nilai 93,0 kategori sangat baik, ahli materi 96,1 kategori sangat baik, ahli bahasa nilai 90,0 kategori sangat baik, dan uji praktisi mendapat nilai rata-rata 83,5 pada kategori sangat baik, serta uji kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan oleh peserta didik mendapat nilai rata-rata 88,5 pada kategori sangat baik. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa produk LKPD valid dan layak secara teoritis digunakan untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci: Discovery learning, hasil belajar, LKPD ABSTRACT This research aims to produce discovery learning based LKPD products that are appropriate for grade V students of Elementary Schools. The type of research and development used refers to Borg & Gall's theory. The subjects of this study were 10 students in Rawa Laut 1 Primary School in Enggal District, Bandar Lampung, Lampung Province, Indonesia. Data were collected using a questionnaire, observation, interview, and documentation. LKPD products have been validated by media experts with a value of 93.0 excellent categories, material experts 96.1 excellent categories, linguists score 90.0 excellent categories, and test practitioners get an average value of 83.5 in the excellent category, as well as the attractiveness test , convenience, usefulness by students get an average value of 88.5 in the excellent category. The results of the validation show that the LKPD products are valid and theoretically feasible to be used for grade V students of Elementary Schools. Keywords: Discovery learning, learning outcomes, worksheets