STUDI HUBUNGAN PENGEMBANGAN ( SWELLING ) DENGAN TEBAL PERKERASAN PADA SUBGRADE JALAN YANG DICAMPUR DENGAN MATERIAL PASIR
Main Author: | M. FAHMI RINALDI, 1315011075 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS TEKNIK
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63377/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63377/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63377/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63377/ |
Daftar Isi:
- Tanah lempung dengan plastisitas tinggi, kohesifitas yang besar berakibat fluktuasi kembang susut yang relatif besar. Hal ini yang menyebabkan kondisi jalan yang dibangun diatas tanah lempung sering kali mengalami kerusakan. Untuk mengatasi masalah tanah tersebut, dalam merencanakan bangunan teknik sipil di Indonesia memerlukan beberapa perlakuan untuk membuat tanah menjadi lebih stabil. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan perbaikan tanah dengan cara memperbaiki gradasinya yaitu mencampur lempung (tanah asli) dengan pasir (gradasi lebih besar). Sampel tanah yang digunakan pada penelitian ini berasal dari Ruas Jalan R.A.Basyid, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan pada STA 3+100 dan variasi pasir yang digunakan yaitu 0, 5, 10 dan 15 % dari berat tanah. Adapun pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian CBR dari efek pegembangan tanah, lalu dilakukan perhitungan tebal perkerasan dengan metode analisa komponen SKBI 2.3.26.1987. Pada penelitian ini sampel tanah yang digunakan termasuk kelompok A-7-6 atau jenis tanah yang buruk. Setelah penambahan variasi pasir, batas plastis tanah tersebut meningkat sedangkan batas cair dan indeks plastisitas menurun, hal ini mengakibatkan pengembangan tanah terjadi penurunan pada 15% kapur yaitu dari 0,65% menjadi 0,15%, sedangkan nilai CBR mengalami peningkatan yang signifikan pada pasir 15% yaitu dari 2,0% menjadi 25,4%. Dengan hal ini tebal lapis menjadi lebih tipis, pada 0% kapur yaitu tebal D1=7,5 cm, D2=25 cm dan D3=44 cm, sedangkan pada 15% kapur tebal D1=5 cm, D2=18 cm dan D3 tidak digunakan. Kata kunci : CBR, Pengembangan Tanah, Tebal Perkerasan, Stabilisasi, Pasir ABSTRACT The clay soil with high plasticity, high cohesiveness results in relatively large shrinkage fluctuations. This causes the condition of roads built on clay soils often experience damage. To solve the problem of the land, in planning civil engineering buildings in Indonesia requires some treatment to make the soil more stable. Therefore in this study soil improvement was carried out by improving its gradation by mixing clay (native soil) with sand (greater gradation). In this study the soil samples used came from the R.A.Basyid Section, Jati Agung Subdistrict, South Lampung at STA 3 + 100 and the variation of lime used was 0, 5, 10 and 15% of the weight of the soil. The test which is conducted was CBR testing of the effects of soil swelling, based on the results of the test, the calculation of pavement thickness was carried out by the method of analysis of components of SKBI 2.3.26.1987. The soil in this study included in the A-7 group or poor soil type. However, after the addition of lime variation, the plastic limit increased while the liquid limit and the plasticity index decreased, this resulted in the swelling of the soil decreasing 15% lime, from 0.65% to 0.15%, while the CBR value experienced a significant increase in lime 15 % which is from 2.0% to 25.4%. From these result, the thickness of the layers becomes thinner, at 0% lime, D1 = 7.5 cm thick, D2 = 25 cm and D3 = 44 cm, while in 16% thick limestone D1 = 5 cm, D2 = 18 cm and D3 is not used. Keywords: CBR, Soil Swelling, Pavement Thickness, Stabilization, Sand