HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DALAM BELAJAR DAN KEMAMPUAN PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD
Main Author: | ALMAY WIDYAWATI , 1643053014 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63357/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63357/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63357/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63357/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan bimbingan orang tua dalam belajar dan kemampuan pendidik dalam pembelajaran secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 peserta didik dengan sampel 53 peserta didik. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan bimbingan orang tua dalam belajar dengan hasil belajar bertaraf ―sangat kuat‖, terdapat hubungan antara kemampuan pendidik dalam pembelajaran dengan hasil belajar bertaraf ―kuat‖ dan terdapat hubungan antara bimbingan orang tua dalam belajar dan kemampuan pendidik dalam pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD bertaraf ―sangat kuat‖. Kata Kunci: bimbingan orang tua, hasil belajar, kemampuan pendidik. The problem of this study way the low learning outcomes of students in grade IV SD. The purpose of this study was to determine the relationship of parent’s guidance in learning and the ability of teacher in learning together with student learning outcomes. This research method uses ex-post facto correlation. Data collection techniques using questionnaire and documentation. The population in this study amounted to 112 students with a sample of 53 students. As the results, it was found that there is a relationship between parent’s guidance in learning with "very strong" learning outcomes, there is a relationship between the ability of teachers in learning with "strong" learning outcomes and there is a relationship between parent’s guidance in learning and the ability of teachers in learning with learning outcomes of student in class IV of state elementary school with a "very strong" level. Keywords: parent’s guidance, learning outcomes, teacher ability