HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN PERILAKU SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN METRO BARAT
Main Author: | DIAN NATASYA, 1613053001 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63334/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/63334/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63334/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63334/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara penggunaan smartphone dan perilaku sosial, penggunaan smartphone dengan hasil belajar, perilaku sosial dengan hasil belajar, dan peggunaan smartphone dan perilaku sosial dengan hasil belajar tematik. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 132 orang, dengan jumlah sampel 59. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan smartphone dengan perilaku sosial pada kriteria sedang, penggunaan smartphone dengan hasil belajar pada kriteria sedang, perilaku sosial dengan hasil belajar pada kriteria sedang, dan penggunaan smartphone dan perilaku sosial dengan hasil belajar tematik pada kriteria tinggi. Kata kunci: hasil belajar tematik, penggunaan smartphone, perilaku sosial. ABSTRACT The problem in this study is the low thematic learning outcomes of students. The purpose of the study was to determine a significant relationship between smartphone use and social behavior with thematic learning outcomes. This type of research is correlation research. The population in this study was 132 people, with a total sample of 59 using random sampling techniques. Analysis of the data used is the product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a positive and significant relationship between smartphone use and social behavior with the thematic learning outcomes of students in class V of SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara District, Metro Barat District with high criteria. Key words: smartphone use, social behavior, thematic learning outcomes.