PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 7 METRO PUSAT
Main Author: | DIANA PERTIWI, 1613053067 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63298/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63298/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63298/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63298/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 7 METRO PUSAT Oleh DIANA PERTIWI Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 7 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran SAVI dengan media puzzle terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 7 Metro Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 50 peserta didik. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan soal pilihan jamak. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model SAVI dengan media puzzle terhadap hasil belajar dengan n-gain dalam katagori “Sedang” ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi sederhana diperoleh data Fhitung > Ftabel, maka H0 ditolak berarti regresi signifikan. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran SAVI dengan media puzzle terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 7 Metro Pusat. Kata kunci: hasil belajar tematik, puzzle, SAVI. ABSTRACT THE EFFECT OF SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) MODEL WITH PUZZLE MEDIA ON THE THEMATIC STUDENT LEARNING OUTCOMES OF GRADE IV SD NEGERI 7 METRO CENTRAL By DIANA PERTIWI The problem in this study is the low learning outcomes of grade IV students at SD Negeri 7 Metro Pusat. The purpose of this study was to determine the significant effect on the application of the SAVI learning model with puzzle media on the thematic learning outcomes of grade IV students at SD Negeri 7 Metro Pusat. The method used in this study is a quasi experimental type of non-equivalent control group design. The study population numbered 50 students. The research sample uses saturated samples. The research instrument used was a multiple choice question. The results showed a significant effect on the application of the SAVI model with puzzle media on learning outcomes with n-gain in the "Medium" category indicated by testing the hypothesis using a simple regression formula obtained by Fcount> Ftable, then H0 was rejected meaningfully significant regression. That is, there is a significant influence on the application of the SAVI learning model with puzzle media to the thematic learning outcomes of grade IV students at SD Negeri 7 Metro Pusat. Keywords: puzzle, SAVI, thematic learning outcomes