PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI
Main Author: | Retno Dwi Astuti, 1723025019 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63235/1/ABSTRAK%20%20.pdf http://digilib.unila.ac.id/63235/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63235/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63235/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pembelajaran inkuiri ter-bimbing berbantuan media animasi yang valid, praktis dan efektif dalam mening-katkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain penelitian 4D meliputi empat tahap yaitu Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop) dan Penyebaran (disseminate). Tahap pengembangan (develop) uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa kelas IX di SMP Kartika II.2 Bandar Lampung. Tahap Penyebaran (disseminate) uji coba luas dilakukan pada 64 siswa kelas VIII di SMP Kartika II.2 Bandar Lampung dipilih secara purposive sampling terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pembe-lajaran pada kelas kontrol secara konvensional (diskusi) dan kelas eksperimen menggunakan program pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas program pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi memenuhi kriteria valid ditinjau dari Retno Dwi Astuti aspek isi dan konstruksi; 2) Kepraktisan program pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dengan kemampuan guru mengelola pembelajaran yang sangat tinggi sebesar 81,77 % serta respon siswa setelah menggunakan program pembelajaran yang sangat tinggi sebesar 88,43 %; 3) Keefektivan program pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari n-gain sebesar 0,51 berkategori sedang dan program pembelajaran secara konvensional diperoleh n-gain sebesar 0,27 berkategori rendah, hasil effect size sebesar 0,66 berkategori besar sehingga program pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis, serta keterampilan komunikasi sebesar 79,88 berkategori terampil setelah menggunakan program pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi dan 60,22 berkategori mulai terampil dengan pembelajaran secara konvensional. Kata kunci : Program Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Media Animasi, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi ABSTRACT This research aims to develop guided inquiry learning program assisted by animation media which is valid, practical and effective in enhancing students' critical thinking and communication skills. This developmental research uses 4D research designs which include four stages namely defining, designing, developing and disseminating. At developing stage, the limited trial phase was carried out for 20 grade IX students at Kartika II-2 Middle School, Bandar Lampung. At disseminating stage, the extensive trial phase was carried out for 64 grade IX students at the same school. The subjects were selected through purposive sampling using 2 classes consisting of one class as an experimental class and one class as a control class. Learning in the control class is conventional (discussion) while in the experimental class using guided inquiry learning program assisted by the development of animation media. The results showed that: 1) The validity of guided inquiry learning program to improve students’ critical thinking and communication skills meets valid criteria in terms of content and construction aspects; 2) The practicality of this learning program Retno Dwi Astuti in terms of the performance of learning with the teacher's ability to manage learning is very high at 81.77% and student’s response after using the learning program is very high at 88.43%; 3) The effectiveness of this learning programs to enhance students' critical thinking in terms of n-gain is 0.51 in the medium category compared to 0.27 in the low category for conventional learning. The result of the effect size is 0.66 in the high category so that this program influences students’ critical thinking skills. This learning program also influence students’ communication skills by 79.88 in the skilled category compare to 60.22 in the start skilled category for conventional learning. Keywords: guided inquiry learning program, animation media, critical thinking skills, communication skill.