PENGARUH PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM TERHADAP MINAT FOLLOWER @BOSFOUNDATION UNTUK BERDONASI

Main Author: SYOFA TRI MUTIA, 1516031080
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63232/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63232/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63232/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63232/
Daftar Isi:
  • Media sosial instagram saat ini telah dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, salah satu nya adalah kampanye gerakan sosial. Kampanye online yang dilakukan akun instagram @bosfoundation diharapkan dapat menyadarkan masyarakat luas tentang keadaan orangutan yang terancam punah dan membuat masyarakat melakukan aksi nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh akun instagram terhadap minat follower @bosfoundation berdonasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teori uses and effect yang disesuaikan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun instagram @bosfoundation berpengaruh terhadap minat follower untuk berdonasi sebesar 43,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Melalui penelitian ini diketahui bahwa ketika seseorang mendapatkan terpaan dengan frekuensi dan durasi yang tinggi, serta isi akun instagram yang menarik dan mudah dipahami tujuan nya dapat mempengaruhi minat seseorang dalam suatu hal. Kata Kunci: Instagram, Minat, Donasi Instagram social media is currently being used for various activities, one of which is a social movement campaign. The online campaign carried out by the Instagram account @bosfoundation is expected to make the public aware of the situation of endangered orangutans and make the community take real action. The purpose of this study was to determine the effect of instagram account @bosfoundation influence their followers to donate. This study uses quantitative descriptive methods with the theory uses and effects that are tailored to the research topic. The results showed that the Instagram account @bosfoundation affected interest of their followers to donate by 43.8% while the rest was influenced by other factors not examined in this study. Through this research it is known that when a person gets exposed to a high frequency, duration, and fill in an instagram account that is interesting and easy to understand it can affect one's interest in a matter. Keywords: Instagram, Interests, Donations