SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BARU DI BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
Main Author: | ARI ARDIANTO, 1317051012 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63161/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63161/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63161/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63161/ |
Daftar Isi:
- Mobil merupakan alat transportasi yang sangat penting untuk menunjang aktivitas. Terdapat berbagai jenis, model, dan spesifikasi mobil justru membuat calon konsumen bingung untuk memilih suatu mobil yang akan dibeli. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan AHP sebagai pendukung keputusan (SPK) pembelian mobil di Bandar Lampung untuk membantu merekomendasikan mobil yang sesuai dengan keinginan konsumen. Kriteria yang digunakan yaitu harga, merek, kapasitas silinder, konsumsi BBM, dan kapasitas penumpang. Data mobil yang dikumpulkan meliputi mobil jenis sedan, MPV, dan SUV dengan enam merek dengan total 254 varian model. SPK pembelian mobil berbasis web berhasil dikembangkan. Beberapa eksperimen yang dilakukan pada sistem menghasilkan rekomendasi keputusan yang bervariasi, sehingga pembobotan kriteria dan pemilihan alternatif sangat berpengaruh pada rekomendasi keputusan. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process (AHP), Pembelian Mobil, MCDM. ABSTRACT Car is an important transportation to support many life activity. There have been many varieties of cars with different models, prices, and specifications that makes consumers confused to choose a car to be purchased. This study aims to implement the Analytical Hierarchy Process (AHP) method as the Decision Support System to help consumers for buying cars. The decision is done based on the following criteria as price, brand, cylinder capacity, fuel consumption, and passenger capacity. Data collected includes sedan, MPV, and SUV types which include six brands (Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, Suzuki, and Nissan) of 254 model variants. Calculation of the AHP method manually on the six alternatives (Xpander, Avanza, Xenia, Mobilio, Ertiga, and Grand Livina). Several experiments have been done and the results show that the system is effective and efficient to give recommendation for the customers. Keywords: Analytical Hierarchy Process, Car, Decision Support System, MCDM.