EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 36 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | RAFIFA ROHADATUL AISY, 1613021045 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63155/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63155/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63155/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63155/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan strategi metakognitif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 172 siswa dan terdistribusi dalam enam kelas. Melalui teknik purposive sampling, terpilihlah siswa kelas VIII E sebanyak 28 siswa dan VIII F sebanyak 28 siswa sebagai sampel penelitian. Desain yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh melalui tes berbentuk uraian pada materi statistika. Dengan menggunakan uji t dan uji proporsi, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi metakognitif efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis. strategi metakognitif