PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 METRO PUSAT

Main Author: IGA PUTRI SANDRIYANI, 1613053041
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63104/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63104/2/SKRIPSI%20FULL%20IGA%20PUTRI%20SANDRIYANI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63104/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20IGA%20PUTRI%20SANRIYANI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63104/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang signifikan pada pendekatan RME dengan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat yang berjumlah 52 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikanpadapendekatan RME dengan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN 3 Metro Pusat. Kata kunci: matematika, media realia, RME. ABSTRACT The problem in this study is the low student learning outcomes in mathematics subjects. This study aims to analyze and determine the significant influence of RME approach with realia media on students' mathematics learning outcomes. This type of research is an experiment with non equivalent control group design research design. The population of this study was the fifth grade students of SD Negeri 3 Metro Pusat totaling 52 students. Determination of research samples using saturated samples, namely all members of the population are used as samples. Data collection techniques are carried out using test and non test techniques. The results of hypothesis testing using a simple regression formula showed that there was a significant influence on the RME approach with realia media on the mathematics learning outcomes of students in class V SDN 3 Metro Pusat. Keywords: mathematics, realia media, RME.