Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 01 Totokaton
Main Author: | Agustin Endah Sari, 1643053011 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63103/1/Skripsi%20Abstrak%20IDN%26ENG%20Agustin%20Endah%20Sari.pdf http://digilib.unila.ac.id/63103/2/Skripsi%20Full%20Cover-Dapus%20Agustin%20Endah%20Sari%20.pdf http://digilib.unila.ac.id/63103/3/Skripsi%20Full%20Tanpa%20Bab%20IV%20Agustin%20Endah%20Sari.pdf http://digilib.unila.ac.id/63103/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Totokaton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan dan positif kecerdasan emosional dengan hasil belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar, dan kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Populasi berjumlah 56 peserta didik dan menggunakan sampel jenuh berjumlah 56 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan kriteria rendah, kecerdasan emosional dengan hasil belajar dengan kriteria sedang, motivasi belajar dengan hasil belajar dengan kriteria rendah, dan kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar dengan kriteria sedang. Kata kunci: hasil belajar, kecerdasan emosional, motivasi. The problem of this study was the low mathematics learning outcomes of grade IV students of SD Negeri 01 Totokaton. This study aims to determine the significant and positive relationship of emotional intelligence with learning outcomes, learning motivation with learning outcomes, and emotional intelligence and learning motivation together with mathematics learning outcomes. The population were 56 students and using a saturated sample of 56 students. Data collection techniques using observation, interviews, questionnaires, and study documentation. Data collection instruments in the form of a questionnaire with a Likert scale. The results showed there was a significant and positive relationship between emotional intelligence and motivation to learn with low criteria, emotional intelligence with learning outcomes with moderate criteria, motivation to learn with learning outcomes with low criteria, and emotional intelligence and motivation to learn together with learning outcomes with medium criteria. Keywords: emotional intelligence, learning outcomes, motivation.