PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020)

Main Author: DESTA KUSUMA, 1513021070
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63026/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63026/2/SKRIPS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63026/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63026/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi ke dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII D yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari hasil tes pemahaman konsep matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan instrumen berbentuk uraian. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji-t menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematis