PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MATHLA’UL ANWAR REJOAGUNG LAMPUNG SELATAN

Main Author: CINDY APRILIANTI , 1513069015
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63020/4/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63020/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63020/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63020/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV MI Mathla’ul Anwar Rejoagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA melalui metode demonstrasi pada peserta didik kelas IV MI Mathla’ul Anwar Rejoagung. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang peserta didik Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MI Mathla’ul Anwar Rejoagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, demonstrasi. The problem in this study is the low activity and learning outcomes of students in learning science class IV MI Mathla'ul Anwar Rejoagung. The purpose of this study was to improve the activities and learning outcomes of students in science learning through demonstration methods in class IV MI Mathla'ul Anwar Rejoagung students. The population in this study amounted to 20 students This class action research study, consisting of two cycles, where each cycle consists of the stages of planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques using observation and tests. Data collection tools use instruments in the form of evaluation sheets. The results showed that using the demonstration method in natural science learning could increase the activities and learning outcomes of Natural Sciences students in grade IV MI Mathla'ul Anwar Rejoagung 2019/2020 Academic Year. Keywords: activities, learning outcomes, demonstrations.