DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | INDRI PUSPITA, 1513021007 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KIP
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63001/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63001/2/SKRISI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63001/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63001/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis matematis siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2019/2020. Subjek tersebut dikelompokan dalam kelompok siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah dengan masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang percakapan kritis matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa: (1) Permasalahan yang terkait indikator berpikir kritis interpretasi analisis dan evaluasi lebih sering memunculkan percakapan kritis matematis siswa, (2) Percakapan kritis matematis siswa yang terjadi dalam pembelajaran saintifik lebih dominan memunculkan kemampuan interpretasi dan analisis, (3) Percakapan kritis matematis siswa lebih dominan muncul saat siswa melakukan tahapan saintifik yaitu mengamati, menalar dan mengomunikasikan. Kata kunci: Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Percakapan Kritis Matematis