PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 METRO UTARA

Main Author: DEWI KARTINI NINGSIH, 1613053039
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62960/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62960/3/Skripsi%20Full.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62960/2/Skripsi%20Tanpa%20Pembahasan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62960/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media realia terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 63 orang peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 63 peserta didik. Intrumen yang digunakan adalah soal tes. Teknis analisis data menggunakan regresi sederhana yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Peserta didik mengalami peningkatan pengetahuan dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media realia terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 1 Metro Utara. Kata Kunci : hasil belajar, matematika, media realia, teams games tournament (TGT). The problem of this research was the students result of mathematic learning was still low. The purposes of this result was to determine the possitive and significant influence on the aplication of teams games tournament model with realia media toward the mathematic learning. The type of research was experimentasl research with research design used non-equivalent control group design. The population and sampel of this research were 63 students. The research instrument was a test. Data analysis technique use the simple regression begins with a test of normality and homogeneity.TheStudents an increase in knowledge in the medium category. The result of the research showedthere was a significant effect on the implementation of cooperative learning models teams games tournament type with realia media to the students result of mathematic at the fifth grade of sd negeri 1 metro utara. Keywords : mathematic, realia media, teams games tournamen (TGT), result of learning.