IMPLEMENTASI PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | SISTIA HERDALIA , 1613032027 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62923/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/62923/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62923/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62923/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan Implementasi Perpustakaan Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa Implementasi Perpustakaan Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 9 Bandar Lampung telah berjalan dengan baik. Dilihat dari dimensi input didukung dengan kelengkapan koleksi buku PPKn, koleksi pendukung, fasilitas yang memadai dan adanya gerakan literasi. Secara dimensi proses perpustakaan berbasis digital dalam mengakses informasi cepat, mudah, tepat dan akurat. Dan dari dimensi output bahwa implementasi perpustakaan berbasis digital meningkatkan minat baca peserta didik mata pelajaran PPKn dengan adanya rasa suka dan tertarik membaca menumbuhkan keterampilan kewarganegaraan yang mencakup keterampilan intelektual dan keterampilan partisipasi sehingga dengan adanya perpustakaan digital dapat menjadi bahan referensi bacaan online bagi peserta didik. Kata kunci: Perpustakaan Digital, Minat Baca Peserta Didik, PPKn The purpose of this study analyze and describe implementation of digital based library in increasing interest of reading participants of civic education subject of SMA Negeri 9 Bandar Lampung. The research method used in this study is a qualitative descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques using interview, observation and documentation while data analysis using acredibility test with triangulation. Based on the results of the study showed that implementation of digital based library in increasing interest of reading participants of civic education subject of SMA Negeri 9 Bandar Lampung has gone well. Viewed from the input dimensions supported by the complete collection of civic education books. Collections of supported adequate facilities and the existence of literacy movements in terms of digital based library process in accessing information quickly, easily, precisely and accurately. And from the output dimensions that implementation of digital based library in increasing interest of reading participants of civic education subjects with a liking and interest in reading fostering civic skills that include intellectual skills and participation skills so that presence of digital libraries can be an online reading reference material for students. Keywords: Digital Library, Students Interest in Reading, Civic Education