PENGARUH POSTINGAN AKUN INSTAGRAM @INDONESIABERTAUHIDOFFICIAL TERHADAP MOTIVASI BERIBADAH (Studi Pada Followers Instagram @Indonesiabertauhidofficial)

Main Author: MUHAMMAD RIFKI FIRDAUS , 1216031071
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62908/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62908/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62908/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62908/
Daftar Isi:
  • Instagram tidak hanya di manfaatkan untuk ajang aktualisasi dan mengekspresikan diri saja, melainkan instagram dapat di manfaatkan sebagai media informasi dan edukasi. Salah satu akun Instagram yang gemar menyampaikan syiar dakwah islam adalah @Indonesiabertauhidofficial. Dengan jumlah followers mencapai1,4 Juta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh postingan Instagram @Indonesiabertauhidofficial terhadap motivasi beribadah pada followers. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stimulus Organism Response atau S-O-R. Tipe penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey dan menggunakan angket sebagai instrument pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan perhitungan dengan rumusregresi linearsederhanadapat diketahui bahwahasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara postingan Instagram @Indonesiabertauhidofficial terhadap motivasi beribadah pada followers sebesar 42,7% sedangkan sisanya 57,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Hipotesis yang diajukan diterima dibuktikan dengan nilai t.hitung lebih dari t tabel (8.500 > 1.660) Kata kunci: Instagram @Indonesiabertauhidofficial, MBeribadah. Instagram is not only used for the event of actualization and self-expression, but Instagram can be used as a medium of information and education. One Instagram account that likes to deliver Islamic da'wah messages is @Indonesiabertauhidofficial. With a number of followers reaching 1.4 million. This study aims to determine how much influence @Indonesiabertauhidofficial Instagram posts on followers' motivation to worship. The theory used in this study is the Stimulus Organism Response or SOR. This type of quantitative research is a survey approach and uses a questionnaire as a data collection instrument. The sampling technique uses non probability sampling with a sample of 100 respondents. Based on calculations with a simple linear regression formula can be seen that the results of this study indicate that there is an influence between Instagram @Indonesiabertauhidofficial posts on motivation to worship followers 42.7% while the remaining 57.3% is influenced by other variables. The hypothesis is accepted is proven by the value of t. Count more than t table (8,500> 1,660) Keywords: Instagram @Indonesiabertauhidofficial, Worship Motivation.