PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 SUBTEMA 2 KELAS III SD NEGERI 4 METRO TIMUR
Main Author: | Arum Ramandha Pratiwi, 1513053005 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62884/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/62884/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62884/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62884/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 4 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yangpositifdan signifikanpada penggunaan media pembelajaran flash cardterhadaphasilbelajarpesertadidikkelas III SD Negeri4 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 56 orang peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakanpurposivesamplingdengan jumlah 29 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes.Hasil penelitian data menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media pembelajaran flash card terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 4 Metro Timur,dengann-gain 0,66dalamkatagorisedang, dengan thitung=2,728 > ttabel= 2,021 (dengan α = 0,05).Kata kunci: flash card, hasil belajar The research problem was the low learning outcomes of students in class III SD Negeri 4 Metro Timur. The study aism to determine the positive and significant effect on the use of flash card learning media on the learning outcomes of third grade students at SD Negeri 4 Metro Timur. The type of this research was experimental research. The research design used non-equivalent control group design. The research population was 56 students. The research sample was determined using purposive sampling with a total of 29 students. The data collection techniques used test and non-test techniques. The results showed there were a positive and significant effect on the of flash card learning media on the learning outcomes of third grade students at SD Negeri 4 Metro Timur, with n-gain 0,66 included in the medium category, tcount= 2,728 >ttable= 2.021 ( with α = 0.05).Keywords: flash card, learning outcomes.