ANALISIS MANAJEMEN RISIKO DAN STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI KOPI BUBUK (Studi Kasus Agroindustri Kopi Bubuk Cap Gunung Betung di Kota Bandar Lampung)
Main Author: | ASILA JELITA MAHARANI, 1614131098 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS PERTANIAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62835/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/62835/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62835/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62835/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja produksi, manajemen risiko dan strategi pemasaran agroindustri kopi bubuk di Ko t a Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada agroindustri kopi bubuk Cap Gunung Betung. Pengumpulan data dilakukan pada Desember 2019-Januari 2020. Analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kinerja produksi dianalisis dengan menggunakan produktivitas dan kapasitas. Risiko agroindustri dianalisis mengacu pada manajemen ISO 31000. Strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja agroindustri kopi bubuk Cap Gunung Betung di kota Bandar Lampung secara keseluruhan dalam kategori baik (2) risiko proses, risiko sumber daya manusia, dan risiko insidental masuk dalam kategori rendah.(3) strategi pemasaran yang dilakukan adalah meningkatkan volume produksi dengan mempertahankan dan meningkatkan kualitas, optimalisasi lokasi bisnis, inovasi produk, pemasaran internet yang digunakan,mencatat setiap transaksi, optimalisasi teknologi, pelatihan, dan melakukan promosi dan publikasi. Kata kunci: kinerja produksi, manajemen risiko, strategi pemasaran, agroindustri, dan kopi bubuk This study aims to analyze the production performance, risk management and marketing strategies agroindustry Gunung Betung coffee powder in Bandar Lampung city. This research use a case study method in Kopi Bubuk Cap Gunung Betung agroindustry. Data collection was conducted on Desember 2019 –Januari 2020. This study uses qualitative and quantitative descriptive method. Production performance was analyze using productivity and capacity. Risk agroindustry use ISO 31000 management standard. Strategies marketing use SWOT analyses. Alternative strategies formulated by SWOT matrix. The shows that (1) performance of Kopi Bubuk Cap Gunung Betung Agroindustry in Bandar Lampung city is consider good (2) process risk, human resource risk, and incidental risks faced are low (3) The marketing strategies is increase production, optimizing business location, product innovation, internet marketing, transaction record, technology optimization, manufacturing training, and do promotions and publications. Keywords: production performance, risk management, marketing strategies, agroindustry,and coffee powder.