PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IVA SD NEGERI 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: Yulianto, ITA YULIASARI
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Archive Report
Terbitan: FKIP , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/628/1/Abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/628/2/Bab%201.pdf
http://digilib.unila.ac.id/628/3/Bab%202.pdf
http://digilib.unila.ac.id/628/4/Bab%203.pdf
http://digilib.unila.ac.id/628/5/Bab%204.pdf
http://digilib.unila.ac.id/628/6/Bab%205.pdf
http://digilib.unila.ac.id/628/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.unila.ac.id/628/8/LAMPIRAN.zip
http://digilib.unila.ac.id/628/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai mid semester sebesar 55 pada mata pelajaran PKn Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal tersebut diketahui dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IVA SD Negeri 2 Metro Utara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model cooperative learning tipe team assisted individualization (TAI) dan media grafis. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dimana setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe TAI dan media grafis kelas IVA SD Negeri 2 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (57,75), pada siklus II (69,38) meningkat sebesar 11,63 dan pada siklus III (82,37) meningkat sebesar 12,99. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (63,20), pada siklus II (67,60) meningkat sebesar 4,40 dan pada siklus III (80,60) meningkat sebesar 13,00. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I (52,00%), pada siklus II (68,00%) meningkat sebesar 16,00% dan pada siklus III (92,00%) meningkat sebesar 24,00%. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model cooperative learning, team assisted individualization (TAI), media grafis, PKn.