EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Erlina Novianti, 1513024009
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62790/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62790/2/FULL%20PEMBHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62790/3/TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62790/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan serta hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Mia 2 yang berjumlah 29 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian quasi eksperimental ini menggunakan desain one group pretest posttest design. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar kognitif peserta didik yang diperoleh dari nilai pretes dan postes. Sementara itu data kualitatif berupa data keterlaksanaan sintaks dan keterampilan komunikasi yang diperoleh dari angket self assessment, peer assessment, dan lembar observasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan n-gain pada taraf > 0,7 kategori tinggi. Data keterampilan komunikasi lisan dan tulisan peserta didik dianalisis menggunakan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tertulis berdasarkan uji Cohen’s d yang dilakukan berada pada kategori efek sedang sebesar 0,386 dan 0,798. Pencapaian indikator keterampilan komunikasi lisan tertinggi terdapat pada pengguaan bahasa yang mudah dimengerti.dengan rataan sebesar 92,34% kategori sangat tinggi, sedangkan pencapaian indikator terendah terdapat pada memberikan jawaban yang ringkas, jelas dan tepat dengan rataan sebesar 73,49% kategori cukup. Pencapaian indikator keterampilan tertulis tertinggi terdapat pada struktur tulisan sesuai dengan aturan penulisan dengan rataan sebesar 86,97% kategori sangat tinggi, sedangkan pencapaian indikator terendah terdapat pada menggunakan tata bahasa, ejaan, tanda baca, paragraf dan kapitalisasi dengan tepat sebesar 72,38% kategori cukup. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, diperoleh hasil uji efek menggunakan Cohen’s d sebesar 1,72 dengan kriteria efek besar. Hasil analisis keterlaksanaan sintaks model pembelajaran menunjukkan bahwa hampir seluruh kegiatan terlaksana. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan serta hasil belajar kognitif peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif