PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS V SDN 5 METRO PUSAT

Main Author: DIAN PRATIWI, 1613053048
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62786/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62786/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62786/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62786/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN 5 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar tematik kelas V SDN 5 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 59 orang peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampling purposive dengan jumlah 59 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar tematik dengan n-gain 0,63 termasuk dalam kategori sedang ditunjukan dengan pengujian hipotsis menggunakan rumus regresi sederhana diperoleh data fhitung > ftabel atau 10,22 > 4,22 (dengan α = 0,05). Kata kunci: hasil belajar tematik, media auvio visual, problem based learning. The problem of research was the low learning outcomes of fourth grade students of SDN 5 Metro Pusat. The purpose of the research was know the positive and significant effects on the application of the problem based learning model by used audio visual media towards thematic learning outcomes in grade V SDN 5 Metro Pusat. This type of research is experimental research. Theresearch design used was non-equivalent control group design. The study population is up to 59 students. The sampel was determined by using purposive sampling a total of 28 students. The technique of date collection is done by test and non-test techniques. The results showed that there were positive and significant on the application of the problem based learning model by using audio visual media towards thematic learning outcomes white n-gain 0.63 included in the medium category indicated by hypothesis testing using a simple regression formula obtained data fcount > ftable or 10,22 > 4,22 (with α = 0,05). Keywords: audio visual media, problem based learning, thematic learning outcomes.