PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA SISWA

Main Author: RAHMA ADILA PUTRI, 1613023019
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62740/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62740/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62740/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62740/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep asam basa siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 15 Bandar Lampung kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Keefektivan diukur melalui keterampilan kolaborasi dan perbedaan rata-rata nilai n-Gain penguasaan konsep asam basa siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran problem solving dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran memiliki kriteria “sangat baik”. Keterampilan kolaborasi siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kriteria “baik”. Penguasaan konsep asam basa siswa berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain mengalami peningkatan dengan kriteria “tinggi”. Model problem solving berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep asam basa siswa, dibuktikan dengan hasil uji effect size yang berkriteria “besar” pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep asam basa siswa. Kata kunci: model problem solving, keterampilan kolaborasi, penguasaan konsep siswa, asam basa.