EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA METERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Main Author: ELANNIA RAHMA NINGRUM, 1613023028
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62735/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62735/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62735/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62735/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi ke¬setimbangan kimia dalam meningkatkan keteram-pilan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan the matching-only pretes-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan n-gain keterampilan pemecahan masalah kelas eks-perimen sebesar 0,75 berkriteria tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,49 berkriteria sedang. Hasil dari uji t (perbedaan dua rata-rata) menyatakan bahwa terima H1 yaitu rata-rata n-gain keterampilan pemecahan masalah siswa yang diterapkan pembelajaran guided discovery lebih tinggi daripada rata-rata n-gain keterampilan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata serta didukung dengan aktivitas siswa dan keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery oleh guru maka dapat disimpulkan bahwa model guided discovery efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci : pembelajaran guded discovery, keterampilan pemecahan masalah, kesetimbangan kimia.