PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: SANJOKO WIRAYUDA , 1513033065
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62721/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62721/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62721/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62721/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar siswa, (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (4) Lingkungan Sekolah berpengaruh signifikan dan dominan atau tidak terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode ex post facto.Populasi dalam penelitian ini adalah 158 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020, dengan sampel penelitian sebesar 113 siswa yang diperoleh menggunakan teknik simpel random sampling.Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier ganda Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dengan pengaruh sebesar 85,70%, berarti semakin baik lingkungan sekolah dan semakin tinggi motivasi belajar siswa maka hasil belajar siswa akan meningkati (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa dengan pengaruh sebesar 25,5%, berarti semakin baik lingkungan sekolah seperti lingkungan fisik dan sosial maka hasil belajar siswa akan meningkat (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan pengaruh sebesar 67,3%, berarti semakin tinggi motivasi belajar maka hasil belajar siswa akan meningkat (4) Variabel motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan dan dominan terhadap hasil bejar siswa dengan sumbangan relatif sebesar 74,6%. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.