PERBANDINGAN SENSE OF COMMUNITY DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI BERBANTUAN SCHOOLOGY DAN WHATSAPP
Main Author: | RAHMA AYU ANTIKA , 1653022005 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62716/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/62716/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62716/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62716/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pada sense of community dan hasil belajar siswa antara pembelajaran materi hukum newton tentang gravitasi yang berbantuan Schoology dengan yang berbantuan WhatsApp. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA di SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung. Desain penelitian ini menggunakan the non- equivalent control group design. Sampel pada penelitian diambil secara purposive sampling yang terdiri dari dua kelas, kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 3. Data sense of community dikumpulkan dengan skala dan data hasil belajar diambil dengan tes, sebelum dan setelah pembelajaran dilakukan. Hasil uji independent sample t-tes berdasarkan taraf signifikan jika >0,05 maka diterima dan <0,05 maka ditolak. Nilai yg diperoleh sebelum pembelajaran 0,852 untuk sense of community dan 0,624 untuk hasil belajar menunjukkan tidak ada perbedaan sedangkan sesudah pembelajaran menunjukkan nilai signifikan 0,029 untuk sense of community dan 0,000 untuk hasil belajar sehingga terdapat perbedaan sense of community dan hasil belajar pada pembelajaran hukum Newton tentang gravitasi berbantuan Schoology dan WhatsApp. Besarnya peningkatan sense of community yang dihasilkan berdasarkan nilai n-gain berbantuan Schoology sebesar 0,40 dengan kriteria sedang dan nilai n-gain berbantuan WhatsApp sebesar 0,38 dengan kriteria sedang. Sementara, peningkatan hasil belajar yang dihasilkan berdasarkan nilai n-gain berbantuan Schoology sebesar 0,624 dengan kriteria sedang dan nilai n-gain berbantuan WhatsApp sebesar 0,544 dengan kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan nilai yang signifikan sense of community dan hasil belajar berbantuan Schoology dan Berbantuan WhatsApp. Pembelajaran berbantuan Schoology lebih unggul dan lebih baik dibandingan pembelajaran berbantuan WhatsApp. Kata Kunci: Hasil Belajar, Schoology, Sense Of Community, WhatsApp