EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA

Main Author: DEWI MEIKASARI, 1613023023
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62686/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62686/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62686/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62686/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keteram-pilan komunikasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 1 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching-Only Pretests-Postest Control Group Design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain keterampilan komunikasi berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan terima H1 yaitu rata-rata n-gain keterampilan komunikasi yang diterapkan model pembelajaran guided discovery lebih tinggi daripada rata-rata n-gain keterampilan komunikasi dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan n-gain keterampilan komunikasi yang signifikan antara kelas eksperi-men dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan kete-rampilan komunikasi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: model pembelajaran guided discovery, kesetimbangan kimia, keterampilan komunikasi.