PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA SISWA

Main Author: IKLAB PAHLEVI, 1613023006
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62650/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62650/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62650/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62650/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model problem solving dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep asam basa siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control grup design. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Keefektivan diukur melalui keterampilan komunikasi dan perbedaan rata-rata nilai n-Gain penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa penilaian observer terhadap keterlaksanaan model problem solving dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran memiliki kriteria “sangat baik”. Keterampilan komunikasi siswa pada kelas eksperimen berkriteria “baik” dan kelas kontrol berkriteria “cukup”. Rata-rata nilai n-Gain penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen berkriteria “tinggi” dan kelas kontrol berkriteria “sedang”. Hasil perhitungan effect size menunjukkan bahwa model probem solving memberikan pengaruh yang besar dan positif dalam meningkatkan penguasaan konsep asam basa siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model problem solving praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep asam basa siswa. Kata kunci: model problem solving, keterampilan komunikasi, penguasaan konsep, asam basa