PENGARUH SELF EFFICACY DAN SENSE OF COMMUNITY SISWA PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PEMBELAJARAN FISIKA HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

Main Author: WINDY ANTIKA ARYANI, 1613022027
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62642/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62642/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62642/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62642/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan sense of community siswa pada pembelajaran blended learning berbantuan Schoology terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pembelajaran Fisika Hukum Newton tentang gerak. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIPA SMAN 9 Bandarlampung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6 SMAN 9 Bandarlampung tahun ajaran 2019/2020. Data yang diperoleh, diuji menggunakan regresi linear tunggal dan regresi linear ganda. Uji regresi linier tunggal self efficacy terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh nilai R sebesar 0.142. Koefisien korelasi bernilai positif sehingga terdapat hubungan yang positif. Nilai R sebesar 0.142 berada pada rentang sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa self efficacy bernilai positif namun pengaruhnya sangat rendah sehingga tidak memiliki pengaruh terhadap populasi. Uji regresi linier tunggal sense of community terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh nilai R sebesar 0.242. Korelasi tidak positif dan signifikan karena R sebesar 0.242 berada pada rentang sangat rendah pengaruhnya sehingga tidak memiliki pengaruh terhadap populasi. Uji regresi linier ganda self efficacy dan sense of community terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0.073. Nilai F hitung sebesar 2.405. Nilai tersebut lebih kecil dari nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 3.15. Hal ini menujukkan bahwa terdapat hubungan positif namun tidak signifikan antara self efficacy dan sense of community terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Dari ketiga hubungan tersebut, self efficacy dan sense of community tidak ada yang memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, melainkan dari hal lain yang tidak diteliti penulis. Kata Kunci: Kemampuan berpikir tingkat tinggi, Self efficacy, Sense of community.