STUDI KOMPARASI MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SENI TARI ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI SMA 13 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | NI LUH VIA OKTAYANI, 1613043012 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62614/1/Abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/62614/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62614/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62614/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komparasi atau perbandingan minat dan prestasi belajar antara siswa laki-laki dan perempuan di SMA 13 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA 13 Bandar lampung. Data diperoleh dari hasil pengamatan dan kuesioner dan tes penampilan yang kemudian di analisis dengan analisis deskriptif dan uji independent sampel T-Test. Jumlah sampel pada penelitian ini adalahh 58 siswa yang teridiri dari 29 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Perhitungan minat belajar seni tari menunjukan bahwa nilat t hitung = -5,921, t tabel = -1,67252 dan taraf signifikan 0,001. Perhitungan minat belajar seni tari memiliki nilai -t hitung < -t tabel dan taraf signifikansi dibawah 0,05, berdasarkan krirteria uji hipotesis maka Ha diterima yang artinya hipotesis mengenai adanya perbedaan positif pada minat belajar seni tari antara siswa laki-laki dan perempuan di SMA 13 Bandar Lampung terbukti. Perhitungan prestasi belajar seni tari menunjukan bahwa nilai t hitung = -6,639, t tabel = -1,67252 dan taraf signifikan 0,000. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel dan taraf signifikan dibawah 0,05, berdasarkan krirteria uji hipotesis maka Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan positif pada Prestasi belajar seni tari antara siswa laki-laki dan perempuan di SMA 13 Bandar Lampung terbukti. Kata Kunci : Komparasi, Minat, Prestasi. ABSTRACT The purpose of this study was to determine the comparison of interests and learning achievements between male and female students in SMA 13 Bandar Lampung. This research is a comparative study with a quantitative approach. The population of this study was all students of class XI SMA 13 Bandar Lampung. Data obtained from observations and questionnaires and performance tests which are then analyzed with descriptive analysis and independent sample T-Test test. The number of samples in this study were 58 students consisting of 29 male students and 29 female students. Calculation of interest in learning dance shows that the value of t arithmetic = -5,921, t table = -1,67252 and a significant level of 0,001. Calculation of interest in learning dance has a value of -t count <-t table and significance level below 0.05, based on the hypothesis test hypothesis Ha is accepted, which means the hypothesis about a positive difference in dance interest in learning between male and female students in high school 13 Bandar Lampung proven. Calculation of dance learning achievement shows that the value of t arithmetic = -6,639, t table = -1,67252 and a significant level of 0,000. Hypothesis testing results show that the calculated t value is smaller than the value of t table and a significant level below 0.05, based on the hypothesis test hypothesis Ha is accepted, which means there is a positive difference in dance learning achievement between male and female students in SMA 13 Bandar Lampung proven. Keywords: Comparison, Interest, Learning Achievement