PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD NEGERI 11 METRO PUSAT

Main Author: Dian Retnowati Ansori, 1653053009
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62586/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62586/2/3.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62586/3/2.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62586/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan media kartu soal terhadap hasil belajar peserta didik tema panas dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain penelitian menggunakan non equivalent control grup design. Populasi penelitian berjumlah 70 peserta didik. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan soal tes pilihan jamak. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model kooperatif tipe two stay two stray dengan media kartu soal terhadap hasil belajar peserta didik tema panas dan perpindahannya dengan Fhitung > Ftabel yaitu 6,69 > 4,30 (dengan α = 0,05). Kata kunci: hasil belajar, media kartu soal, tematik, two stay two stray. ABSTRACT The problem of this study was the low thematic learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri 11 Metro Pusat. The purpose of this study was to determine the positive and significant influence on the type of two stay two stray cooperative learning model with the question card media on the learning outcomes of student on hot andthe displacement theme. This type of research is experimental research. The research design used non equivalent control group design. research population of 70 students. The research sample used saturated samples. The research instrument used multiple choice test questions. The data analysis techniques used a simple regression test. The results showed that there was a positive and significant effect on the application of the two stay two stray cooperative model with the question card media on the learning outcomes of students with Fcount> Ftable ie 6.69> 4.30 (with α = 0.05). Keywords: learning outcomes, question card media, thematic, two stay two stray.