PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAU YANG DIMEDIASI OLEH VARIABEL PREFERENSI KONSUMEN STUDI PADA KONSUMEN PRODUK ADES DI UNIVERSITAS LAMPUNG

Main Author: SULISTIOWATI, 1416051110
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62522/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62522/2/FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62522/3/skripsi%20tanpa%20bab%20pembahasan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62522/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel pengetahuan lingkungan dan variabel kesadaran lingkungan, terhadap keputusan pembelian melalui preferensi konsumen pada pengguna produk ADES di Universitas Lampung.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakanteknik kuesioner terhadap 100 orang responden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna ADES di Universitas Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data dengan model pengukuran (outer model) dan model analisis persamaan strukturan (inner model) serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan lingkungan berpengaruh signifikan dengan preferensi konsumen dengan total effect 0,515, kesadaran lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi konsumen dengan total effect 0,372, Pengetahuan lingkungan berpengaruh signifikan dengan keputusan pembelian dengan total effect 0,422 .Selain itu kesadaran lingkungan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan total effect 0,305 dan preferensi konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan total effect 0,802. Dengan demikian, konsumen diharapkan mampu menambah nilai pengetahuan lingkungan dan kesadaran lingkungan yang dimiliki., sehingga dapat menghasilkan preferensi konsumen dan keputusan pembelian. Kata kunci : pengetahuan lingkungan, kesadaran lingkungan, preferensi konsumen, keputusan pembelian. This study is to analyze the influence of environmental knowledge and environmental awareness variable, on purchasing decisions through consumer preferences on users of ADES products at the University of Lampung.Data were collected in this study through questionnaire method against 100 respondents. The population used in this study was ADES users at Lampung University. The sampling technique used in this study was purposive sampling. This study uses data processing techniques with outer models, inner models and hypothesis testing. The results showed that environmental knowledge significantly influence consumer preference with total efffect 0,515, environmental awareness significantly influence consumer preferences with total effect 0,372. Environmental knowledge significantly influence purchasing decisions with total effect 0,422. In addition, environmental knowledge significantly influence purchasing decisions with total effect 0,305 and consumer preference significantly influence purchasing decisions with total effect 0,802. Finally, consumers are expected to add their environmental knowledge and environmental awareness, so as to produce consumer preferences and purchasing decisions. Keywords : environmental knowledge, environmental awareness, consumer preferences, purchasing decisions.