Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 3 Kotagajah
Main Author: | Rima Aziza Arunanda, 1653053005 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62427/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/62427/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62427/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62427/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Kotagajah. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Kotagajah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 44 orang peserta didik. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan jumlah 44 orang peserta didik (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Kotagajah dengan N-Gain 0,64 termasuk katagori “Sedang” dan thitung = 2,227 > ttabel = 2,021 (dengan α = 0,05). Kata kunci: hasil belajar tematik, model pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri. The problem of research was the low learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 3 Kotagajah. The purpose of the research was to know the significant influence on the application of the contextual teaching and learning inquiry based towards learning outcomes of grade IV SD Negeri 3 Kotagajah. This type of research was experimental research. The research design used non-equivalent control group design. The study population was up to 44 students. The sample by using purposive sampling with a total of 44 students (saturation sampling). The technique of data collection was done by test and nontest techniques. The results showed that there were significant influences on the application of the problem contextual teaching and learning based inquiry to thematic outcomes of grade IV SD Negeri 3 Kotagajah with N-Gain 0.64 included the “Medium” category, and tcount = 2.227> ttable = 2.021 ( with α = 0.05). Keywords: contextual teaching and learning based inquiry, thematic learning outcomes.