DESAIN ANTARMUKA DAN IMPLEMENTASI USER CENTERED DESIGN PADA APLIKASI DAN SISTEM INFORMASI JIWAMUKU (JIWA MUNYAI JIWA KUAT)
Main Author: | MUHAMMAD YUNAN ADIYAKSATAMA, 1617051123 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62399/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/62399/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62399/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62399/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kesehatan jiwa masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang signifikan di dunia, termasuk di Indonesia. Minimnya pengetahuan pihak keluarga pasien terhadap tindak lanjut yang harus diberikan kepada pasien yang bersangkutan. Hal ini menyebabkan banyak sekali pasien gangguan jiwa pasca perawatan yang terabaikan. Dengan menerapkannya teknologi informasi, masalah ini dapat diselesaikan dengan membuat sebuah aplikasi yang membantu dalam hal komunikasi antara keluarga pasien dengan pihak rumah sakit ataupun puskemas dalam hal penanganan pasca rehabilitasi. Hal yang harus diperhatikan saat ingin mengembangkan suatu perangkat lunak yaitu pengembang harus tahu kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna serta tampilan-tampilan aplikasi apa saja yang dapat memudahkan pengguna untuk memahami dan menggunakan perangkat lunak tersebut. Oleh sebab itu proses desain merupakan salah satu alat ukur yang penting dalam hal pengembangan perangkat lunak. Salah satu metode yang dapat v mengetahui kebutuhan yang diperlukan oleh pengguna yaitu metode User-Centered Design. Metode ini langsung melibatkan pengguna pada tahap awal saat mengembangkan suatu perangkat lunak sehingga pengguna dapat memberi tahu apa saja yang mereka butuhkan dalam aplikasi tersebut, memberikan masukanmasukan terhadap tampilan-tampilan aplikasi yang akan diimplementasikan serta, dalam pengujian desain antarmuka ini akan digunakan dengan menggunakan kuisioner system usability scale yang dapat menilai apakah desain antarmuka ini dapat diterima atau tidak oleh pengguna. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah desain antarmuka pada sistem informasi dan aplikasi JiwaMuKu ini telah dapat memenuhi seluruh kebutuhan pengguna dengan menggunakan metode UserCentered Design kemudiian penelitian ini telah berhasil merancang dan menguji desain sistem informasi dan aplikasi JiwaMuKu, pengujian ini dilakukan menggunakan kuisioner system usability scale yang telah mendapatkan skor yang baik yaitu sebesar 75.33. Kata Kunci: tampilan antarmuka, pengalaman pengguna, gangguan mental, usercentered design, system usability scale. ABSTRACT Mental health is still one of the significant health problems in the world, including in Indonesia. The lack of knowledge of the patient's family of the follow-up that must be given to the patient concerned. This causes many post-treatment psychiatric patients to be ignored. By implementing information technology, this problem can be resolved by making an application that helps in terms of communication between the patient's family and the hospital or health center in terms of post rehabilitation. Things that must be considered when wanting to develop a software that is the developer must know what needs are needed by the user as well as display applications that can make it easier for users to understand and use the software. Therefore the design process is one of the important measurement tools in terms of software development. One method that can determine the needs needed by users is the User-Centered Design method. This method directly involves the user at an early stage when developing a software so users can tell what they need in the iii application, provide input on the application views to be implemented and, in testing the interface design will be used by using usability scale system questionnaire that can assess whether the interface design is acceptable or not by the user. The conclusion obtained from this study is that the interface design of the information system and application of JiwaMuKu has been able to meet all the needs of users by using the User-Centered Design method and this research has successfully designed and tested the information system design and the application of JiwaMuKu, this test was carried out using a questionnaire system usability scale that has gotten a good score that is equal to 75.33. Keywords: user interface, user experience, mental disorder, user-centered design, system usability scale.