PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GADINGREJO TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | ORYZA SETIA MARDATILA, 1653052003 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62391/1/ABSTRAK-ABSTRACT.pdf http://digilib.unila.ac.id/62391/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62391/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62391/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengurangi bullying siswa melalui teknik sosiodrama. Masalah dalam penelitian ini adalah belum efektifnya teknik-teknik bimbingan yang diterapkan untuk mengurangi perilaku bullying di SMP Negeri 2 Gadingrejo. Penelitian ini bersifat pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 dengan taraf signifikan 0,05. Karena nilai 0,005 < 0,05 dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap pengurangan perilaku bullying siswa kelas VIII SMPN 2 Gadingrejo Tahun 2019/2020.