PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTAGAJAH TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: RADEN RORO MUTIARA AGESTI, 1653052004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62390/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62390/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62390/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62390/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah perilaku bullying siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku bullying dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik role playing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa yang terindikasi perilaku bullying sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket perilaku bullying. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon, hasil penelitian diperoleh Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,005 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga 0,005 < 0,05 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah bimbingan kelompok teknik role playing dapat digunakan untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah Tahun Ajaran 2019/2020.