Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SINAR MULYA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU Oleh ASIH SAYEKTI Suatu kegiatan pembelajaran akan sangat bermakna bagi siswa, apabila kegiatan pembelajaran tersebut mengutamakan interaksi dan komunikasi yang baik antara guru dan muridnya, artinya kegiatan pembelajaran yang dilakukan merupakan tempat bagi siswa dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa, sehingga tujuan pendidikan yang ingin dicapai dapat terlaksana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model Problem Based Introduction dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup kelas IV SD Negeri 1 Sinar Mulya Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan dan terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, penilaian/pengamatan dan refleksi. Untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Pembelajaran Tematik dengan menggunakan Model Pembelajaran PBI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sinar Mulya. Pada siklus pertama, hasil siswa 66.67%, pada siklus kedua meningkat menjadi 72.38%. Jadi penggunaan model pembelajaran PBI terhadap siswa kelas IV pada siklus II dapat meningkatkan hasil belajar di SD Negeri 1 Sinar Mulya Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran PBI.