HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 8 METRO TIMUR

Main Author: NOVITASARI, 1613053021
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62344/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62344/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62344/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62344/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan motivasi dengan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yaitu ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 66 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 66 peserta didik. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat signifikan antara gaya belajar dan motivasi dengan hasil belajar ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,637 berada pada taraf “Kuat”. Kata kunci: gaya belajar, hasil belajar, motivasi. ABSTRACT The problem in this research is the low grade IV learning outcomes at SD Negeri 8 Metro Timur. The purpose of this study was to determine a the significant relationship between learning styles and motivation with student learning outcomes. This type of research is ex-post facto campaign. The population were 66 students and the study sample were 66 students. The data collection instruments in the form of a questionnaire with a Likert scale, which was previously sent validity and reliability. The results showed the significance of learning styles and motivation with learning outcomes thinking with a coefficient of 0.637 depending on the level of "Strong" Keywords: learning outcomes, learning styles, motivation.