PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X-I SMA NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: I Putu Riana Suryanatha, 1213033035
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62337/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62337/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62337/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62337/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang ditemukan di Kelas X SMA Negeri 1 Seputih Banyak terkait dengan Pelajaran Sejarah yaitu rendahnya partisipasi belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan menerapkan variasi model pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi belajar siswa, Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan partisipasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran take and give pada mata pelajaran sejarah Kelas X SMA Negeri 1 Seputih Banyak, Lampung Tengah Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain one-shot case study. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan partisipasi belajar siswa pada setiap pertemuannya. Pada pertemuan pertama partisipasi belajar siswa memperoleh kategori rendah dengan nilai ratarata 37,5. Pada pertemuan kedua partisipasi belajar siswa meningkat memperoleh kategori sedang dengan nilai rata rata 66,7. Pada pertemuan ketiga partisipasi belajar siswa meningkat kembali memperoleh kategori tinggi dengan nilai ratarata 91,7. Hal tersebut menunjukkan ada peningkatan partisipasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran take and give pada mata pelajaran sejarah. Kata kunci: Partisipasi Belajar, Penerapan, Take and give